• HOTLINE: 08960 2828 667

Blog

5 Cara Ampuh Memperkuat Imunitas Tubuh

Salah satu hal terpenting agar tetap sehat dan terhindar dari virus yaitu dengan menjaga imunitas tubuh. Jika kamu berpikir memperkuatnya lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, yuk simak di bawah ini! 5 cara ampuh memperkuat imunitas tubuh yang mudah dan dapat membantumu melawan patogen berbahaya, atau virus penyebab penyakit.

Tidur yang Cukup

Tidur dan kekebalan tubuh merupakan hal yang saling terikat erat. Faktanya, kualitas tidur yang tidak baik dapat membuatmu lebih rentan terkena penyakit.

Dalam sebuah penelitian U.S National Library of Medicine National Institutes of Health pada 164 orang dewasa, mereka yang tidur kurang dari 6 jam cenderung lebih gampang terserang flu daripada mereka yang tidur 6 jam atau lebih setiap malamnya.

Mendapatkan istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami. Selain itu, ketika kamu sakit, dengan jam tidur lebih banyak dapat memulihkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit dengan lebih baik.

Hanya dengan tidur kamu dapat memperkuat imunitas tubuh! Mari mulai memperbaiki kualitas tidurmu dengan tidak begadang dan tidur 6 jam atau lebih.

 

Makan Makanan Mengandung Nabati

Makanlah makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya akan nutrisi juga antioksidan, dimana dapat membuatmu kuat terhadap patogen atau virus berbahaya.

Jika radikal bebas menumpuk di dalam tubuhmu dengan kadar yang tinggi dapat menyebabkan peradangan dan antioksidan dalam makanan dapat membantumu mengurangi peradangan tersebut.

Sementara itu, serat dalam makanan nabati memberikan asupan mikrobioma  usus, atau bakteri sehat di ususmu. Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah patogen berbahaya yang memasuki tubuhmu melalui saluran pencernaan. 

 

Rajin Minum Vitamin

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen dengan vitamin, mineral, herbal, dan zat lain tertentu dapat meningkatkan respons kekebalan dan berpotensi melindungimu terhadap penyakit.

Namun, kamu harus tetap memperhatikan mana suplemen yang dapat berinteraksi dengan resep atau obat yang sedang kamu gunakan, karena beberapa suplemen mungkin tidak sesuai untuk orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Berikut ini vitamin yang dapat memperkuat imunitas tubuh secara umum.

  • Vitamin C. 
  • Vitamin D. 
  • Seng. 
  • Elderberry. 
  • Echinacea.

Sebelum membelinya, pastikan bahwa vitamin yang kamu beli cocok untukmu ya.

 

Kurangi Konsumsi Gula

Penelitian National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa mengkonsumsi gula dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi secara tidak proporsional terhadap kelebihan berat badan dan obesitas.

Menekan asupan gula dapat mengurangi peradangan dan membantu penurunan berat badan, sehingga mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Mengingat bahwa obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhmu, maka dari itu yuk batasi asupan gula hingga kurang d

Latest Posts

 

 

Mariana Beauty Aesthetic - Bandung city, West Java 40286 - Phone: 0896 0282 8667